Engklek (bahasa Jawa tengah) atau Sonda (Jawa Timur) ternyata merupakan permainan yang dikenal di beberapa belahan pulau di nusantara. Jawa, Sumatra, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi memiliki permainan ini. Beberapa istilah lain: sonda, sundamanda, engklek, angkle, angkling, obak.
Ternyata ada kata Zondag-Maandag dalam bahasa Belanda, yang menggambarkan perebutan sawah antara pribumi dan Belanda. Besar kemungkinan permainan ini merupakan sindiran kepada pemerintah kolonial yang menguasai Indonesia 350 tahun tersebut. Tetapi, lagi-lagi saya menemukan fakta yang unik bahwa di Inggris pun ada permainan ini dan mananya hopskotch. 

Nah.. ternyata sebuah permainan bisa membawa kita jalan-jalan jauh ke negeri Barat sana. Dan, menarik sekali ketika kita mau sesekali melihat sejarah yang ada di belakang kita. Bukankah begitu?

Cara Bermain:

  • Pemain pingsut atau hompimpah untuk menentukan urutan pemain
  • Setiap pemain punya gacok
  • Berdasarkan urutan, pemain melakukan pelemparan gacok. Hasil lemparan harus ke kotak berangka 1, dan tidak boleh keluar kotak.
  • Pemain melewati semua bidang dengan satu kaki. Dalam perjalanan kembali, ia harus mengambil gacoknya kembali. Semua dilakukan dengan sebelah kaki saja, kaki yang lain dilipat ke atas

Perlengkapan:

  1. Gacok/gancuk berupa kereweng (potongan genteng/keramik). Jika tidak ada, bisa potongan batu.
  2. Kapur untuk membentuk bidang permainan engklek
  3. Tanah/bidang datar untuk bermain.

Jumlah pemain: Minimal 2 orang, maksimal tidak terbatas, meski idealnya 5 anak.

 

  • Larangan: tak boleh berjalan, tak boleh jatuh, tak boleh melewati garis, tak boleh melewati kotak milik lawan (jika nanti sudah terjadi proses klaim kotak). Jika salah satu terjadi, ia digantikan pemain lainnya.
  • Larangan: tak boleh berjalan, tak boleh jatuh, tak boleh melewati garis, tak boleh melewati kotak milik lawan (jika nanti sudah terjadi proses klaim kotak). Jika salah satu terjadi, ia digantikan pemain lainnya.
  • Jika berhasil, ia boleh bermain lagi dengan melempar ke kotak nomor 2 dan mengulang seperti sebelumnya.
  • Jika ia berhasil melewati semua kotak, ia mendapat hak istimewa atau hak ekslusif mengklaim kotak. Caranya, dengan melempar gacok dalam posisi membelakangi. Kotak yang masuk adalah miliknya dan taka da yang boleh melewati.
  • Penentuan pemenang adalah pemiliki kotak terbanyak.