Cantik dengan Olahraga

Halo ibu yang ingin selalu berbahagia… mohon maaf selama puasa ini aku absen menulis. Tak mudah meluangkan waktu di antara ritme baru, karena begitu banyaknya peran. Dan lagi, puasa ini aku ada target menjadi lebih cantik. Bahkan cantik dengan olahraga.

Ramadan ini ritme tubuhku benar-benar butuh penyesuaian, Mulainya dari si kecil 3 tahun yang tidurnya mundur 2 jam. Ia tak mengizinkan ibunya sibuk di depan laptop. Jadi aku menulis ketika ia sudah tidur. Tahu-tahu sudah jam 1 pagi sementara menu sahur harus memasak baru.

Dan begitulah, aku memilih menulis sebisanya bahkan tidak perlu menulis jika tidak memungkinkan.

Tapi aku berusaha olahraga tipis-tipis. Memang dasarnya bukan tipe atletis sejak muda.

Awalnya aku membaca vahwa olahraga memberikan manfaat yang sangat banyak bagi tubuh kita. Kalau mau sehat, wajib banget olahraga. Olahraga juga bisa menurunkan berat badan.

Kamu tahu, masa pandemi ini berat badanku naik hampir 15 kg. Itu luar biasa sekali. Aku ganti ukuran!

Tapi aku sih terima-terima aja nasib menjadi oversize. Memang salahku menulis di dapur. Kalau itu bisa dijadikan kambing hitam….

Buatku, olahraga yang kulakukan demi kecantikan. Dampak positifnya terlihat pada kesehatan kulit. Kulit jadi lebih sehat dan segar. Dengan sendirinya, tentu menambah kecantikan.

Tahulah kalau kesehatan dan kecantikan kulit adalah dambaan setiap perempuan. Bahkan tak sayang mencoba berbagai produk kecantikan. Hanya demi membuat kulit sehat, cantik dan mulus.

Banyak perempuan yang mengandalkan produk face care dan make up untuk menyiasati keindahan kulitnya. Lupa kalau pola makan sehat juga turut menunjang keindahan dan kesehatan kulit.

Banyak juga juga yang menggunakan produk-produk herbal, atau merawat kecantikan kuliy dengan bahan yang ada seperti coklat ataupun madu. Asal jangan lupakan olahraga.

Apa saja manfaat olahraga untuk kulit Anda?

1. Membantu mengeluarkan racun dan radikal bebas dari dalam tubuh

Asap rokok, polusi udara atau bahan kimia pada produk kecantikan berdampak buruk pada kulit kita. Radikal bebas akibat hal tersebut merusak kulit sehingga dapat menyebabkan keriput atau flek. Dengan berolahraga, racun yang ada dalam tubuh kita dapat dikeluarkan. Sirkulasi darah yang baik menyebabkan distribusi nutrisi untuk kulit diserap maksimal dan membantu mengeluarkan racun yang ada di kulit.

2. Merangsang produksi kolagen

Kolagen adalah zat pengisi sel kulit yang membuat kulit menjadi kenyal dan kencang. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen semakin menurun dan berkurang yang mengakibatkan kulit menjadi kering dan berkerut. Produksi kolagen dapat dipacu dengan melakukan olahraga rutin karena sel kulit akan mendapatkan oksigen dan distribusi nutrisi yang baik sehingga kulit akan bersinar dan lentur.

3. Mencegah timbulnya jerawat

Hal ini karena olahraga membantu mengontrol produksi hormon DHEA dan DHT yang memicu timbulnya jerawat. Penyebab lain jerawat adalah karena stres. Saat stres akan diproduksi hormon yang juga memicu jerawat. Tetapi, hasil penelitian membuktikan bahwa kebanyakan stres akan berkurang bila Anda berolahraga teratur sehingga jerawat tidak akan muncul.

4. Mengurangi selulit

Selulit terjadi akibat jalinan fibroblast tertarik dan membentuk kantung lemak. Selulit umumnya ada di bokong, paha belakang atau lengan dan membuat kulit menyerupai kulit jeruk. Kehadiran selulit akan mengganggu penampilan Anda. Saat berolahraga, tubuh mengalami proses pembentukan dan peregangan otot sehingga selulit yang ada dapat dihilangkan.

Bagaimana? Setelah mengetahui bahwa olahraga juga bermanfaat untuk kecantikan, maka tidak ada alasan untuk tidak berolahraga hari ini bukan?

Tinggalkan komentar