Meditasi untuk Menemukan Self Love

Krisis kejiwaan bisa terjadi pada siapa saja. Berapa besarnya bergantung pada kemampuan yang bersangkutan dalam menghadapinya. Perasaan cinta untuk diri sendiri bisa membantu. Ada satu cara memanggilnya yaitu degan meditasi untuk menemukan self love.

Percayalah,, tak ada yang benar-benar membantu kita kecuali diri kita mengizinkan. Bahkan psikolog dan psikiatris pun butuh izin dari kita untuk memasukkan ‘obat hati’.

Bagi yang ingin menyembuhkan diri sendiri, artikel dalam Catatan Susierna ini bisa membantu.

Mencari solusi sendiri

Akan selalu ada masa ketika kamu harus memutuskan sendiri. Tak bisa bergantung pada saran perbaikan diri dari siapa pun. Hanya kamu dengan dirimu.

Di saat seperti itu biasanya saran bagus pun akan tampak salah. Jelas saja, hanya kita yang tahu. Dan di saat seperti ini sebenarnya kamu sudah punya jawaban, hanya masih ragu. Ibarat di persimpangan jalan yang sulit dipilih meski sudah punya insting pilih mana.

Jika sedang berada di persimpangan semacam ini, jangan minta saran orang lain. Kamu hanya akan menyakitinya. Karena kamu tidak butuh sehingga tidak mau saran itu. Ambil keputusanmu sendiri.

Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana kita bisa tahu jalan dan solusi mana yang terbaik?

Keputusan besar

Tidak peduli seberapa muda atau tua usiamu. Kamu akan sampai pada titik dalam hidup yang mengharuskanmu untuk mengambil keputusan besar. Keputusan yang mungkin akan mempengaruhi seluruh keberadaanmu di dunia ini.

Pada masa ini mungkin kamu merasa tidak berdaya. Merasa bingung. Mengharapkan bisa percaya bahwa beberapa saran perbaikan diri dari orang tampak meyakinkan.

Jawabannya tidak pernah sederhana. Bisa dikatakan ada satu saran perbaikan diri yang dapat sangat membantu dan digunakan secara teratur akan memberikan hasil yang bagus. Namanya meditasi. Puncaknya kamu menemukan cinta untuk dirimu sendiri yang disebut self love.

Meditasi

Ini disebut meditasi dan telah digunakan selama berabad-abad dalam ritual tertentu dan oleh peradaban kuno. Bahkan dalam buku-buku tua dan terkenal. Bermeditasi dapat menemukan dan memerangi kejahatan dalam diri kita, dan dengan pengetahuan untuk mendapatkan kendali atas keputusan dan hidup kita.

Meditasi dalam bahasa Jawa disebut semadi. Meditasi adalah praktik yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari.

Makna harfiah meditasi adalah kegiatan mengunyah-unyah atau membolak-balik dalam pikiran, memikirkan, merenungkan kejadian tertentu. Meditasi juga merupakan salah satu bentuk teknik relaksasi yang dilakukan dengan cara melatih konsentrasi dan fokus pikiran untuk mendapatkan perasaan tenang dan damai. Aktivitas ini dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan dalam waktu yang relatif singkat.

Tips Cara Memulai Meditasi dengan Efektif adalah:

  1. Duduk dengan tegap lalu tarik napas dalam secara perlahan-lahan berulang kali.
  2. Fokuskan perhatian pada tarikan napas dan perasaan Anda.
  3. Fokuskan pikiran pada berbagai bagian tubuh secara bergantian, sambil terus menarik napas perlahan

Bagaimana cara bermeditasi?

Ketenangan menjadi unsur penentu. Makanya, pertama-tama, kita harus jauh dari sumber gangguan apa pun. Tak boleh ada intervensi.

Kamu tidak dapat menganalisis perasaan dan pikiran terdalammu sambil menonton film pada saat yang bersamaan. Itu sudah pasti.

Kedua, cobalah bertanya pada diri sendiri tentang serangkaian pertanyaan yang akan membantu menentukan siapa diri kita sebenarnya. Pertanyaan harus berhubungan dengan aspek sehari-hari. Misalnya:

  1. Apa yang suka kamu lakukan?
  2. Apa yang membuatmu paling bangga pada diri sendiri?
  3. Apa yang selalu ingin kamu lakukan namun tidak pernah ada waktu?
  4. Apa peran uang dalam hidupmu?
  5. Mana yang lebih penting bagimu, kehidupan keluarga atau karier?
  6. Seberapa besar bergantungmu pada orang lain?

Buat semua pertanyaan terkait perkara yang ingin kamu selesaikan. Agar keputusan lebih spesifik dan lebih tepat.

Jika kamu bingung mulai dari pertanyaan apa, coba dari yang umum dulu lalu biarkan mengalir tersu sampai menjadi lebih khusus.

Jawabanmu akan bermuara pada self love

Tulis jawaban pertanyaan itu sejujur mungkin. Selengkap mungkin. Cobalah untuk berkonsentrasi dan bersikap tulus. Lagi pula, tidak ada yang akan menghakimimu atas jawaban itu Itu pertanyaan dan jawabanmu sendiri. Kamu akan menemukan self love yang selama ini kamu cari.

Semua pertanyaan itu akan membantumu menentukan dengan tepat di mana posisimu berdiri saat ini dan apa yang kamu inginkan saat itu. Temukan interpretasi yang tepat dari jawabanmu sendiri.

Secangkir teh atau kopi dapat membantu saat menganalisis semua jawaban secara menyeluruh. Tandai dengan pena merah, jawaban apapun yang menurutmu layak untuk dibanggakan. Tandai dengan pena hitam untuk hal-hal yang tidak membuatmu bangga.

Hasilnya akan terlihat. Tempelkan daftar itu di suatu tempat yang kamu dapat melihatnya lebih dari sekali sehari. Lama kelamaan kamu akan menemukan dirimu selangkah demi selangkah, mengubah hal yang bertanda spidol hitam menjadi merah. Itu artinya perasaanmu semakin positif.

Jangan lupa untuk memperbarui daftar ketika sebagian besar telah berubah menjadi merah! Ini adalah cara terbaik untuk selalu menyadari apa harapanmu seumur hidup. Kamu akan menemukan self love-mu dan hidup bahagia dalam kondisi apapun.

Tinggalkan komentar