Meningkatkan Harga Diri karena Mencintai Diri Sendiri

Banyak cara untuk bahagia, salah satu yang paling ampuh adalah mencintai diri sendiri. Terkhusus dengan meningkatkan harga diri agar dapat mencapai kondisi ideal yang diharapkan.. Dengan demikian kita akan menemukan diri menjadi lebih toleran dengan kesalahan dan ketidakmampuan.

Bertekadlah untuk meningkatkan harga diri. Itu artinya sobat Catatan Susierna sedang menuju pencapaian besar.

Perasaan rendah diri

Cara berpikir tentang diri sendiri menentukan bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain. Penting sekali untuk tidak membiarkan harga diri rendah merusak hidup. Berikut beberapa contoh perasaan rendah diri yang sangat berbahaya:

  1. Aku tidak menarik.
  2. Aku sering salah pilih
  3. Aku tidak berharga
  4. Aku sering erasa frustasi
  5. Tak ada yang menyukaiku
  6. Lebih baik diam daripada berkata hal bodoh atau menyakiti hati
  7. Betapa kejamnya dunia padaku

Berhentilah berpikir bahwa dunia begitu kejam padamu. Bertekadlah untuk mencapai apa yang sobat inginkan. Berhentilah menyalahkan orang lain atas kemalanganmu. Dunia bukanlah masalahmu. Kamu punya masalahmu sendiri.

Tingkatkan harga diri

Lepaskan semua bebanmu. Dunia berputar dengan atau tanpa dirimu. Yang perlu dilakukan sekarang adalah berjalan bersamanya. Menyatu dengan arah putar dunia.

Mulai saat ini, mulailah proses peningkatan harga diri. Berpikirlah dengan cara yang benar dan bertekadlah untuk menang. Ini akan membawamu pada kemenangan. Ingatlah bahwa kesuksesan tidak pernah datang dengan mudah. Itulah sebabnya perlu tekad yang kuat dan bulat.

harga diri dan cinta  pada diri sendiri

Kalau ingin mencapai kesuksesan, jangan mundur hanya karena merasakan sedikit kekecewaan. Jangan berputus asa lalu menyerah. Oh tidak…. Ngeyellah sampai tak punya lagi tenaga. Atau, tingkatkan harga dirimu, karena ini yang kamu butuhkan untuk mencapai kesuksesan. Hal-hal yang besar akan dapat dicapai oleh mereka yang mampu bertahan sampai akhir.

Pemikiran-pemikiran negatif di atas harus segera dihapus. Itu adalah perasaan rendah diri yang tiada berguna. Yang bisa membuatmu cepat bosan menjalani terjalnya jalan menuju kesuksesan.

Sebaliknya, jika mau menghargai diri dan kemampuan yang dimiliki, maka mencapai puncak hanya masalah waktu saja. Tak peduli berapa kali terpeleset, perasaan positif dalam diri akan menjadi tenaga untuk terus berjalan menuju puncak.

Mencintai diri sendiri

Sobat, jika ingin berhasil dalam hidup, maka berjuanglah. Kalau perlu berjuang mati-matian. Jangan biarkan aral berupa swing mood atau perasaan tidak mampu muncul. Seriuslah. Tingkatkan dan kembangkan perasaan positif bernama harga diri itu sesuai dengan dengan karakter dan citra diri terbaikmu. Mulailah dengan mencintai dirimu sendiri apa adanya.

Mencintai diri sendiri dapat diartikan sebagai penerimaan kondisi diri apa adanya. Kamu dalam kondisi menerima keadaanmu saat ini, apa adanya, tidak merasa kurang, dan tidak ingin dibandingkan dengan orang lain. Bahkan kamu tak mengizinkan dirimu sendiri merasa iri dengan kondisi orang lain.

Keberhasilanmu mencintai diri sendiri akan membuatmu bebas dari beban sosial. Beban sosial ini nyata dan bisa sangat merusak jiwa-jiwa rapuh yang sibuk menyalahkan diri sendiri atas kegagalannya.

Biarkan dirimu mendengarkan kebutuhan diri sendiri. Terimalah hal yang tak bisa diubah. Beri dirimu waktu untuk menerimanya jika perlu.

Setidaknya ada enam tanda mencintai diri sendiri, yaitu:

  1. Mengenali diri sendiri.
  2. Menerima segala kelebihan dan kekurangan,
  3. Menaklukkan rasa takut
  4. Berani mengambil keputusan
  5. Tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
  6. Tidak mencemaskan pendapat orang lain.

Semoga enam tanda di atas ada pada dirimu. Jika belum semua, jangan cemas. Tak mungkin membangun kesuksesan dalam satu dua hari. Itu butuh proses. Yang terpenting dalam proses tersebut adalah adanya peningkatan.

Jangan sia-siakan hidupmu dengan perasaan tidak mampu. Sebaliknya, pikirkan cara untuk meningkatkan harga dirimu melalui cinta pada diri sendiri. Suksesmu itu akan selalu jadi milikmu. Ia menunggumu meraihnya. Maka bergeraklah, berubahlah, dan raih … raihlah. Tingkatkan harga dirimu mulai sekarang juga. Kamu pasti bisa!

Tinggalkan komentar