Pengertian Pengembangan Diri dan Contohnya

Terkadang hidup bisa menyebalkanmu. Terkadang membuatmu merasa terkapar tak berdaya.. Mungkin kamu lupa tidak mengembangkan dirimu secara terus menerus. Kita manusia, tak bisa berhenti bergerak. Harus mengikuti laju bumi yang terus berputar. Untukmu, aku menulis tentang pengembangan diri dan contohnya. Semoga memberi manfaat.

Tulisan ini aku yakin bisa membantumu yang merasa kehilangan arah dan merasa bosan dengan banyak hal dalam hidup. Karena mengembangkan diri adalah sebuah upaya untuk hidup bahagia. Percayalah.

Pengertian Pengembangan Diri

Pengembangan diri atau personal development menjadi komponen terpenting untuk mencapai kehidupan yang luar biasa. Suatu kehidupan yang bisa dibilang sukses dan mungkin juga gilang-gemilang. Tentu saja ini akan tercapai melalui perjuangan yang beragaam semangat dan targetnya.

Pengembangan diri adalah menginvestasikan diri sendiri agar kita dapat mengontrol atau mengendalikan diri kita dengan sangat baik dan efektif. Kita bisa membaca definini pengembangan diri menurut para ahli secara umum, suatu ilmu yang berkaitan dengan penggalian potensi diri dan upaya untuk menggali potensi-potensi tersebut secara maksimal.

Kita bisa meminjam istilah menurut Abraham Maslow, yaitu upaya yang dilakukan individu untuk memenuhi segala kebutuhannya terhadap aktualisasi diri. Bisa juga mengambil pengertian menurut Erik Erikson, yaitu usaha yang dilakukan manusia dalam menghadapi rintangan emosional di dalam kehidupannya.

Tujuan pengembangan diri

Mengapa perlu mengembangkan diri? Seberapa penting pengembangan diri? Apa tujuan pengembangan diri?

Tujuan pengembangan diri secara umum adalah memaksimalkan segala potensi yang ada di dalam diri kita, sehingga kita dapat menjadi pribadi yang luar biasa dan mampu bertahan dengan segala perubahan zaman yang datang silih berganti. Dari sini kita bisa mencermati beberapa poin penting, yaitu:

  1. Memaksimalkan segala potensi yang ada di dalam diri,
  2. Menjadi pribadi yang luar biasa,
  3. Mampu bertahan dengan segala perubahan zaman yang datang silih berganti.

Jadi, jika hidup memang terasa sulit, coba ingat kapan kamu mengembangkan dirimu?

Mengembangkan diri bisa membuat kita menjadi pribadi dan individu yang unggul. Jadi, tidak peduli rintangan apapun yang datang ke dalam hidup, kita tetap bertahan, bahkan tetap menjadi yang terbaik karena itulah kelebihan kita.

Contoh pengembangan diri paling dasar

Salah satu contoh pengembangan diri yang paling sering kita dengar adalah mengenali tujuan hidup kita dengan baik. Seperti kembali ke awal untuk bisa berjalan dengan benar.

Ibarat kata kita kembali ke awal dengan meletakkan semua beban yang dapat diletakkan tanpa khawatir beban itu tercecer di sepanjang jalan tanpa ketahuan rimbanya. Dengen mereset atau mengawali lagi, kita akan berjalan lebih ringan dan mampu mengambil apapun kebutuhan kita dengan perasaan yang lebih enteng.

Tetapkan tujuan hidupmu dan berjalanlah

Pasti tahulah, kalau kadang kita sibuk berbicara tentang tujuan hidup tapi tak tahu memulai dari mana. Sekarang sudah tahu, kan?

Langkah paling awal jika ingin mengembangkan diri sendiri adalah mengenali tujuan hidup kita, lalu menyusunnya dalam urutan yang benar. Ibarat bermain puzzle, jika sudah tertata, akan muncul sosok yang indah dan unggul. Sosok yang terbaik.

Tinggalkan komentar