Semudah Ini Memotivasi Diri

Hai hai sobatku semua. Sudah dua hari tak bercerita. Terakhir kali tentang cara menghadapi rasa takut, ya. Kali ini aku akan menulis tentang mudahnya memotivasi diri. Ini sebuah cara memotivasi diri untuk selamanya.

Kemauan yang merupakan faktor penting dalam mencapai kesuksesan. Namun pada titik waktu tertentu, keputusasaan dan kurangnya motivasi dapat menghalangi untuk mencapai kesuksesan itu. Ini merupakan hal yang patut disayangkan.

Tapi memang terserah padamu sendiri. Tak ada yang bisa membantu selain dirimu sendiri. Meskipun aku sedang menulis tips memotivsi diri sendiri selamanya, namun eksekusinya ada pada dirimu sendiri. Itu akan kembali padamu. Terserah kamu, apakah akan melakukannya atau tidak.

Trik ampuh motivasi diri sendiri

Aku punya teknik yang membantu menjaga agar dorongan untuk mengejar target tetap menyala. Caranya mudah, yaitu mengandalkan visualisasi. Aku menulis apa yang aku inginkan di dinding sebagai pengingat yang konstan.

Akan sangat bagus jika kamu menambahkan gambar-gambar di sana. Buat atau tempel gambar yang menjadi tujuanmu. Semisal kalu ingin ke Cappadocia, maka tempel saja ikon kota tersebut. Sertakan beberapa kata yang bisa dijadikan doa.

Memiliki tujuan visual akan sangat membantu untuk memvisualkan target kesuksesan. Jadi, apa pun yang sedang kamu kerjakan atau targetkan, buatlah visuanyal. Mungkin sesuatu yang material seperti mobil, atau liburan yang sudah lama Anda nantikan.

Tempelkan di tempat yang mencolok. Bisa di tempat kerja atau di rumah yang sering kamu lihat. Ini bisa menjadi penanda sampai di mana perjalanan menuju kesuksesan telah dibuat. Juga bisa memotivasi diri jika sedang merasa stagnan di satu tempat.

Tempelan target itu akan selalu membantumu tetap fokus on track.

Buat kontrak dengan diri sendiri

Mungkin aneh jika membuat kontrak dengan diri sendiri. Kalau pada diri sendiri, siapa yang akan tahu? Bagaimana teknisnya? Mungkin masih banyak daftar pertanyaanmu.

Menurut penelitian motivasi, orang yang menulis daftar tugas jauh lebih berhasil dalam mencapai tujuan yang diinginkan daripada orang yang hanya menyimpan daftar di dalam pikiran. Daftar yang tertulis dan dapat dibaca kapan saja akan lebih melekat dalam hati, dan juga dalam pikiran tentu saja.

Menempatkan sesuatu secara tertulis, entah bagaimana, bisa membuatnya lebih kuat secara psikologis. Ini mungkin juga menjadi alasan mengapa masyarakat sangat menghargai nilai sebuah kontrak.

Masukkan hadiah pada kontrak diri sendiri

Dalam kontrak dengan diri sendiri, kamu dapat memasukkan hadiah tertentu yang akan diberikan kepada diri sendiri setelah menyelesaikan tugas.

Bagaimanapun, semua orang suka dihargai karena menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Bahkan tepukan sederhana di punggung, atau ucapan sederhana seperti: “kerja bagus”, atau “terima kasih”

Dua kalimat super sederhana di atas dapat membantu untuk memberikan dorongan tambahan kepada orang tersebut untuk melanjutkan misinya. Tapi ya memang akan jarang kita dapatkan. Itulah sebabnya mengapa penting juga untuk mempertimbangkan opsi hadiah untuk diri sendiri yang telah berhasil menyelesaikan kontrak. Ini termasuk penting dan bisa menjaga motivasi diri sendiri.

Jauhi orang yang bisa menjatuhkan mental

Tak semua orang memahami dirimu. Dan tak semua orang punya kemampuan mengendalikan lidahnya.

Di lingkungan mana pun akan selalu ada toxic people yang mengganggu kewarasan. Ini tentunya berkaitan dengan kemampuanmu dalam mendewasakan diri.

Memang benar akan selalu ada orang yang baik sengaja atau tidak, bisa menjatuhkan mental tanpa ampun. Tapi tingkat jatuhnya sangat berkaitan dengan seberapa kuat kemampuan kita berdiri kembali setelah dijatuhkan oleh orang lain.

Jika kamu merasa mentalmu masih lemah, masih mudah terbawa perasaan, lebih baik memang berusaha sekuat mungkin untuk menjauh dari sumber-sumber pencetus masalah kesehatan mental. Singkirkan orang-orang negatif ini dari hidupmu. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif. Tirulah teladan mereka. Tersenyumlah secukupnya dan pikirkan pikiran-pikiran bahagia.

Ini akan memberimu pandangan yang lebih cerah dan memungkinkanmu untuk melihat gambaran yang lebih jelas tentang apa yang benar-benar kamu inginkan. Kamu bahkan bisa punya dan tahu langkah apa yang harus diambil untuk mencapai kesuksesan yang sudah dicatat dan dibuat kontraknya.

Baca-baca-baca

Daripada menunggu sesuatu terjadi, cobalah untuk proaktif. Buatlah apa yang bisa dilakukan untuk segera menjadi kenyataan. Ketidakaktifan membuat otak tidak aktif dan menghambat potensi untuk mencapai tujuan yang digariskan.

Membaca aneka buku dan literatur inspiratif bisa mengisi celah-celah kosong dalam visualisasi yang kamu buat. Ini juga akan dapat membantumu untuk meningkatkan sikap positif. Juga bisa untuk membersihkan pikiran negatif yang sudah telanjur masuk.

Sebuah buku kisah sukses terbukti berhasil membesarkan hati. Kita bisa belajar dari pengalaman orang lain dan memperoleh kepercayaan diri, melalui pengalaman dan wawasan dari mereka. Kisah mereka dapat memotivasi kita untuk mencapai tujuan. Atau tetap berjalan sesuai dengan jalurnya.

Pengetahuan adalah kekuatan.

engetahuan adalah kekuatan. Memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana dan di mana untuk memulai memberdayakan, dan itu akan memberikan dorongan ekstra yang diperlukan untuk mencapai sasaran yang dituju dan menindaklanjutinya.

Lakukan!

Setelah merinci semua tips dan trik ini untuk mencapai motivasi diri, tetapi kamu masih merasa kekurangan dorongan yang sangat dibutuhkan, ada satu hal terakhir yang harus Anda coba.

Apa pun yang ingin kamu lakukan, atau ingin capai, LAKUKAN! Tetaplah bercita-cita tinggi dan taklukkan gunungmu!

Memaksa diri untuk melakukannya, adalah momentum yang bisa meningkat peluang secara bertahap. Seiring dengan berjalannya waktu, bahkan sebelum kamu menyadarinya, tugasmu sudh selesai!

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar